Senin, 11 Januari 2010

Pro-Kontra Ujian Nasional

Sejumlah pendapat pro-kontra Ujian Nasional terus saja bergulir di kalangan masyarakat terutama dalam lingkungan pemerintah dan sekolah. Apa masalahnya ? Masalahnya adalah pemerintah ngotot mempertahankan Ujian Nasional sebagai finalisasi seorang siswa pada jenjang pendidikan(SMA/MA dan Kejuruan)

Ditinjau dari segi pemerintah bahwa Ujian Nasional dibutuhkan sebagai kontrol sejauh mana suatu sekolah telah menerapkan dengan baik program pendidikan nasional. Oleh karena itu hasil ujian nasional adalah salah satu indikasi keberhasilan sekolah dalam menerapkan kurikulum pendidikan nasional. Dengan alasan ini maka Ujian Nasional apapun kendalanya tetap diperlukan.

Sebaliknya jika ditinjau dari pihak sekolah maka dianggap bahwa Ujian nasional sering memperlakukan siswa/i secara tidak adil karena;

  1. Yang paling mengetahui perkembangan siswa/i adalah sekolah sendiri maka logikanya yang berhak memberi ujian secara penuh adalah sekolah.
  2. Dengan adanya ketentuan harus lulus ujian nasional, maka sia-sialah pelajaran yang diberikan selama 3 tahun jika seorang siswa/i tidak lulus , hanya karena satu-dua pelajaran saja.
  3. Bahwa sekolah berhak menentukan siswa/i lulus-tidak lulus ditentukan oleh sekolah tetapi kenyataannya sekolah selalu bersandar pada lulus-tidak lulus Ujian Nasional. Ngapain tahan-tahan mereka kalau nyatanya dia lulus Ujian Nasional?
  4. Dengan kenyataan yang dikejar-kejar oleh sekolah adalah pelajaran yang diujikan secara nasional dan ada kesan yang penting lulus ujian nasional pasti lulus ujian sekolah.
  5. Ujian Nasional yang dijadikan tolok ukur hanya ranah kognitif sedangkan sekolah mengembangkan 3 ranah pendidikan.

Ini semua saya ungkapkan bukan karena saya tidak setuju ujian nasional, bagi saya lebih pilihannya seperti ini; SEMUA DIUJKAN SECARA NASIONAL ATAU SEMUA DIUJIKAN DI SEKOLAH SAJA.

Mengapa saya berpendapat demikian? karena jika semua pelajaran diujikan secara nasional maka semua pelajaran akan terangkat, tidak ada “dinomorduakan”. Jika semua diujikan sekolah maka sekolah akan berlomba-lomba meningkatkan mutu sekolah/tidak ada sikap masa bodoh. Jika semua diujikan oleh sekolah, dijamin tidak ada berita soal bocor. Mengapa? karena semua sekolah pasti menjaga kerahasiaan soal dan tidak ada alasan soal bocoran dari sekolah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar